JPMIPA ULM Gelar Kuliah Umum Bersama Tan Lik Tong dari Nanyang Technological University

Banjarmasin – Dalam upaya menguatkan atmosfer akademik, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan akademik non perkuliahan berupa kuliah umum bersama Tan Lik Tong, Doktor dari Nanyang Technological Universitas yang merupakan universitas terbaik ke-26 dunia berdasarkan QS World Rank. Ia juga merupakan peneliti yang fokus pada toksikologi kelautan. Kegiatan kuliah umum ini diadakan pada 7 Februari 2024 di Aula Hasan Bondan FKIP ULM pada pukul 14.00-16.00 WITA.

Kegiatan dibuka oleh Ketua JPMIPA, Syahmani dan dihadiri diantaranya oleh Koordinator Program Studi (Korprodi) di JPMIPA yaitu Korprodi Pendidikan Kimia, Rusmansyah; dan Korprodi Pendidikan Fisika, Abdul Salam serta para dosen dan mahasiswa di lingkungan JPMIPA. Berperan sebagai moderator sekaligus penerjemah, Sauqina, dosen PS Pendidikan IPA.

Dalam kuliah dengan tema Implementasi Riset dalam Pembelajaran Sains, Tan Lik Tong menjelaskan bagaimana ia selama ini melakukan riset. Menurutnya dalam risetnya ada 3 tahapan yang ia lakukan yaitu melakukan penelitian itu sendiri. Penelitiannya berpusat pada toksikologi pelautan yaitu pencemaran pada area laut khususnya mendeteksi polutan dan pencemaran logam melalui penanda biologis yaitu kerang. Penelitian ini dilakukannya selama 3 tahun. Setelah itu, langkah keduanya adalah memperkenalkan risetnya tersebut pada guru dan siswa di sekolah. Ia melakukan lokakarya dengan melibatkan sekitar 40 sekolah selama 2 tahun. Selanjutnya, langkah ketiga adalah membangun masyarakat ilmiah dengan melibatkan guru, siswa, dan komunitas atau masyarakat umum. Mereka meneliti pencemaran di Taman Nasional Singapura selama 3 tahun.

Ia juga memberikan tips dalam proses ini, diantaranya, jangan meremehkan atau membatasi persepsi kita sebagai peneliti akan kemampuan siswa; pentingnya menguatkan dan mendorong guru agar memahami dan terlibat aktif dalam proses ini; jangan membuat bingung dengan n=pemahaman yang rumit atas riset; dan membagikan apa yang sudah dilakukan tahapan demi tahapan. (admin FKIP)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *